Jatuh Bangun Aku Mengajarmu

Dalam rangka penguatan Implementasi Kurikulum 2013, Kemenag kabupaten Sumedang bekerja sama dengan Balai Diklat Keagamaan Bandung mengadakan Bimtek Implementasi Kurikulum 2013. Tidak tanggung-tanggung, semua tingkatan sekolah, baik Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA), meliputi guru MIPA dan Bahasa serta guru kelas, yang dikelompokkan dalam beberapa angkatan diikutsertakan mengikuti bimtek tersebut. Bahkan guru-guru PAI yang mengajar di sekolah umum pun dalam jenjang waktu yang sama juga melaksanakan bimtek ini.

Serius tapi tidak tegang, walaupun tidak santai, begitu kira-kira yang ditonjolkan dalam pelaksanaan bimtek ini. Yang terpenting tentunya perubahan mindset sebagaimana digambarkan sebagai berikut:

Dengan motto "Kemauan dan Kegigihan melatih diri selama pelatihan", itulah sebabnya di sela-sela pelatihan disisipkan hal-hal yang menggembirakan tetapi menggugah semangat pelatihan. Salah satunya dimunculkan lagu hit Meggy Z yang diplesetkan sebagai berikut:

Jatuh bangun

Jatuh bangun aku mengajarmu,
namun dirimu tak mau mengerti
Kuberikan banyak latihan,
namun engkau tetap tak paham
Mulanya sungguh diriku tak tahu

Suatu hari baru kusadari,
mungkin diriku perlu inovasi
Ku mengajar dengan ceria,
hingga engkau menjadi bisa
Hasilnya pun sungguh luar biasa

Sejak saat itu, didalam kelas ku
Sengaja ku buat muridku berkarya
Kelasku yang baru menantang diriku
Sehingga muridku menjadi juara

Percuma saja belajar, kalau kau tak mau berkembang
Percuma saja sekolah, kalau tak mau berubah

Selamat dan Sukses untuk semua pihak yang terlibat dalam bimtek implementasi kurikulum 2013. Semoga memberikan kontribusi yang cukup signifikan dalam membentuk watak dan karakter bangsa yang sejalan dengan pendidikan nasional dalam kerangka menuju wajah bangsa Indonesia Tahun 2025. Amin

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Previous Post Next Post