Selamat Hari Guru Nasional dan HUT PGRI

Seratus hari setelah hari proklamasi kemerdekaan Indonesia, tepatnya tanggal 25 November merupakan hari bersejarah bagi dunia pendidikan di Indonesia, terutama bagi kalangan guru-guru Indonesia.

Kita sepakat, bahwa hakekat pendidikan berlangsung seumur hidup, bersifat semesta dan menyeluruh. Dengan demikian keberadaan dan peran guru sangat menentukan keberhasilan mutu sistem dan hasil pendidikan. Begitu besar peran dan pentingnya guru dalam memajukan bangsa Indonesia, oleh karena itu Pemerintah memberikan jaminan penghargaan, perlindungan, dan kesejahteraan kepada guru. Dalam pemberian penghargaan, perlindungan, dan kesejahteraan kepada guru, secara khusus mengenai penetapan tanggal 25 November sebagai Hari Guru Nasional, Presiden Republik Indonesia telah mengeluarkan Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994, dan Undang Undang Nomor 20 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, dan Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru.

Berdasarkan ketentuan tersebut, sampai saat ini sudah 18 kali Hari Guru Nasional (HGN) diperingati. Sebagai bentuk penghargaan, perlindungan dan kesejahteraan kepada guru yang semakin berkompeten dan profesional, peringatan HGN tahun 2013 adalah momentum yang sangat baik dan menentukan dalam upaya memberikan sumbangsih bagi pencerdasan bangsa. Tanggal 25 November juga merupakan hari lahirnya Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Oleh karena itu, penyelenggaraan peringatan HGN setiap tahunnya dilaksanakan bekerjasama dengan PGRI yang sekaligus merupakan peringatan hari ulang tahun PGRI ke 68.

Tema peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2013 dan HUT Ke-68 PGRI adalah “Mewujudkan Guru Kreatif dan Inspiratif dengan Menegakkan Kode Etik untuk Penguatan Implementasi Kurikulum 2013. Dalam sambutan Mendikbud dalam peringatan HGN dan HUT PGRI tahun ini, disebutkan bahwa hal ini dimaksudkan untuk menjawab berbagai persoalan dan tantangan yang semakin berat, rumit, dan kompleks, terutama dalam rangka mempersiapkan generasi 2045, 100 tahun Indonesia merdeka, dan kejayaan Indonesia.

Dirgahayu Hari Guru Nasional 2013 dan selamat Hari Ulang Tahun ke-68 Persatuan Guru Republik Indonesia. Semoga kita semua dapat meningkatkan kualitas pendidikan kita dan mudah-mudahan apa yang kita lakukan termasuk bagian dari amal kebajikan.

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Previous Post Next Post